PRODI S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA UNESA 5 TUNJUKKAN KEPEDULIAN MELALUI DISKUSI 'PENDIDIKAN DI TITIK TIMBANG’ BERSAMA PARA MAHASISWA DARI PRODI LAIN

Pada hari Selasa, 18 Februari 2025, Program Studi S1 Pendidikan Matematika bersama mahasiswa/mahasiswi selingkup PSDKU Kampus Unesa 5 mengikuti kegiatan diskusi bertajuk "Pendidikan di Titik Timbang: Antara Efisiensi dan Esensi Mencerdaskan Bangsa". Acara ini diselenggarakan di Food Court Baseball 3 Kampus Unesa 5 Magetan dan merupakan bagian dari program kerja Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Kampus Unesa 5. Kegiatan ini bertujuan untuk membuka ruang dialog antar mahasiswa/i seputar isu-isu strategis dalam dunia pendidikan, khususnya terkait kebijakan anggaran dan dampaknya terhadap kualitas pendidikan di Indonesia.
Tema yang diangkat dalam diskusi ini sangat relevan dengan kondisi pendidikan Indonesia saat ini, di mana sering terjadi tarik-menarik antara efisiensi anggaran dan esensi pendidikan sebagai pilar utama mencerdaskan bangsa. Diskusi ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru serta solusi konkret bagi permasalahan yang dihadapi sektor pendidikan.
Kegiatan ini dihadiri tidak hanya oleh mahasiswa/i dari Prodi S1 Pendidikan Matematika, tetapi juga oleh perwakilan dari berbagai program studi lain di lingkungan PSDKU Kampus Unesa 5. Antusiasme peserta terlihat dari jumlah kehadiran yang membludak serta partisipasi aktif dalam sesi tanya jawab dan diskusi. Setiap prodi membawa perspektif unik sesuai dengan disiplin ilmunya, sehingga diskusi berlangsung dinamis dan kaya akan sudut pandang.
Salah satu pembicara dalam diskusi tersebut adalah Zidni Naufal Fadhil, mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Matematika yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Matematika. Dalam kesempatan itu, Zidni menyampaikan pandangannya terkait kebijakan efisiensi anggaran di sektor pendidikan, "… Pendidikan merupakan aspek fundamental bagi kemajuan suatu bangsa, sehingga seharusnya justru menjadi prioritas utama…".
Kegiatan ini tidak hanya memperkaya wawasan peserta, tetapi juga menginspirasi mahasiswa/i untuk turut berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Dengan semangat kolaborasi dan kepedulian, diharapkan diskusi semacam ini dapat terus dilaksanakan sebagai wadah untuk membangun nalar kritis dan solutif di kalangan mahasiswa. Antusiasme dan partisipasi aktif dari seluruh prodi menunjukkan bahwa isu pendidikan adalah tanggung jawab bersama yang perlu disikapi secara serius dan kolaboratif.
Penulis: Hilma Alia
Edito: Tim Website P.MAT